DKN Beraudiensi dengan Menteri dan Dukung Penuh Program KLHK

MENTERI Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya bertemu dengan Pengurus Dewan Kehutanan Nasional (DKN) yang dipimpin oleh Ketua Presidium DKN, Didik Suharjito di Jakarta, Senin (4/9/2017). Kehadiran pengurus DKN yaitu untuk melakukan audiensi dan menyampaikan program dan kegiatan yang akan dilaksanakan DKN periode 2016-2021 kepada pemerintah dalam hal ini Kementerian LHK.

Dalam pertemuan tersebut, Menteri LHK, Siti Nurbaya mengatakan bahwa DKN ini memiliki posisi dan peran penting sebagaimana yang diamanatkan pembentukannya dalam undang-undang.

“Saya menekankan terhadap jajaran internal KLHK, bahwa DKN ini harus menjadi partner berfikir untuk berdiskusi berbagai hal sekaligus bridging dalam mengolah berbagai isu dan program sebelum implementasi di lapangan,” ujar Siti Nurbaya.

DKN mempunyai beberapa program untuk mendukung kebijakan pemerintah di bidang lingkungan hidup dan kehutanan. Mulai dari persoalan tata kelola kehutanan, penguatan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH), percepatan perhutanan sosial dan pemberdayaan masyarakat, termasuk penyelesaian konflik di dalamnya, serta perubahan iklim. Terkait revitalisasi bisnis kehutanan, DKN akan menyelenggarakan semiloka guna membangkitkan sektor ekonomi kehutanan agar lebih dapat berkontribusi terhadap ekonomi, lingkungan dan pemberdayaan masyarakat.

Menurut Didik Suharjito, berbagai program ini tentu saja memerlukan keterlibatan berbagai pihak termasuk pemerintah melalui koordinasi dan komunikasi yang baik.

“Supaya kami bisa mendukung policy pemerintah, tentu kami membutuhkan informasi, agar tidak terjadi miskomunikasi dan misinformasi. Untuk itu mudah-mudahan selanjutnya dapat lebih terjalin komunikasi yang lebih intensif,” kata Didik.

Melalui pertemuan tersebut diharapkan dapat terbentuk kerjasama yang baik dan mampu menghasilkan solusi jitu dan tepat sasaran atas berbagai aspek tantangan di bidang lingkungan hidup dan kehutanan.

Pada pertemuan ini, Menteri LHK Siti Nurbaya didampingi oleh Kepala Biro Humas Kementerian LHK, Djati Witjaksono Hadi dan Sekretaris Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE), Heri Subagyadi yang juga merupakan Anggota DKN dari Kamar Pemerintah. Sedangkan anggota DKN yang turut hadir yaitu Rakhmat Hidayat, Nurka Cahyaningsih, dan Christian Purba mewakili Kamar NGO; David, Untung Agus Pramono, dan Jak T.W. Tumewan mewakili Kamar Bisnis.

Sumber : http://ppid.menlhk.go.id/berita_foto/browse/749,

Judul Asli : “Dewan Kehutanan Nasional Dukung Penuh Program KLHK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *