Konferensi Pers Bersama : Kongres Kehutanan Indonesia VI tahun 2016

Konpers KKI 6
Dewan Kehutanan Nasional bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melakukan Konferensi Pers Dalam Rangka Persiapan Kongres Kehutanan Indonesia ke-VI di Jakarta

Jakarta – Biro Humas, 27 Juni 2016: Rimbawan Indonesia telah lima kali menyelenggarakan kongres Kehutanan Indonesia (KKI), KKI pertama yang dilaksanakan pada 21-28 Januari 1956, diselenggarakan ditengah iklim politik yang bergejolak, pasca pemilu tahun 1955, sementara KKI II dilaksanakan pada tahun 1990. KKI ke-III yang dilaksanakan Oktober 2001 merupakan kongres kehutanan yang dilakukan pada era reformasi, dimana laju deforestasi, degradasi lahan, dan kerusakan kawasan hutan Indonesia mengalami titik kulminasinya setelah Indonesia merdeka.

Pada tahun 2006, saat tingkat kesadaraan dan partisipasi publik terhadap isu-isu kehutanan meninggi, KKI ke-IV dilaksanakan, dan pada kongres ini dideklarasikanlah pembentukan Dewan Kehutanan Nasional (DKN), ini sejalan dengan UU No.41 tahun 1999 tentang kehutanan, dimana pasal 68-70 undang-undang ini menyebutkan, bahwa masyarakat berhak menikmati kualitas lingkungan hidup yang dihasilkan hutan dan turut berperan serta dalam pengelolaan hutan. DKN yang secara organisatoris tidak terpisah dari KKI, yang pembentukannya bersifat constituent based organization (CBO), memiliki fungsi eksekutif, serta tanggung jawab untuk melaksanakan Kongres Kehutanan Indonesia berikutnya. Dalam DKN, keterlibatan publik (multistakeholder), tidak hanya tercermin dalam bentuk keanggotaan saja, namun juga pada keterwakilan multi pihak dalam proses pengambilan keputusan di dalam organisasi DKN.

KKI ke-V diselenggarakan pada 22-24 November 2011, berhasil membangun kesepakatan akan pemahaman mengenai perbaikan tata kelola hutan dan kehutanan untuk masa lima tahun mendatang. Kesepakatan tersebut antara lain memuat tentang: (1) Perumusan Garis-garis Besar Haluan Kehutanan (GBHK) Indonesia 2011-2016; (2) Pendokumentasian pandangan para pemangku kepentingan sektor kehutanan terhadap sejumlah isu dan kebijakan kehutanan; (3) Kesepakatan mengenai isu-isu prioritas untuk pembangunan kehutanan; (4) Rekomendasi focus pembangunan kehutanan di masa yang akan datang; (5) Kesepakatan peran-peran para pihak dalam mendukung pembangunan kehutanan.

Tahun ini, Kongres Kehutanan Indonesia (KKI) ke-VI rencananya akan diselenggarakan pada 3- November – 2 Desember 2016, di Jakarta. Mengambil tema “Reposisi Kehutanan Indonesia Menuju Terlaksananya Tata Kelola Kehutanan yang Baik”. Rangkaian aktivitas menuju KKI ke-VI ini akan dilaksanakan di berbagai daerah atau regional, yaitu di regional: Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali dan Nusatenggara, Sulawesi, Maluku, Papua, serta side event yang akan dilaksanakan pada hari penyelenggaraan KKI VI nanti.

Seluruh pembahasan yang dilakukan di tingkat regional yang termasuk dalam rangkaian acara menuju KKI ke-VI ini, akan menjadi rekomendasi berguna. Adapun isu-isu yang di bahas dalam tingkat regional antara lain adalah: Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH), Optimalisasi Tata kelola & Gerakan Nasional Penyelamatan Sumber Daya Alam, Pemberdayaan dan Resolusi Konflik, Kebakaran Lahan dan Hutan, Restorasi Ekosistem dan Gambut, Bisnis Kehutanan dan SVLK, Masyarakat Adat, serta Perubahan Iklim (REDD+).

Beragamnya isu yang menjadi konsentrasi KKI VI kali ini, mengharapkan peran serta dari seluruh konstituen (stakeholder) kehutanan, pelaku industri bidang kehutanan baik swasta, pemerintah maupun Badan Usaha Milik Negara, para akademisi, NGO, asosiasi-asosiasi bidang kehutanan, organisasi sosial, badan dan lembaga bidang pertanian, pertanahan nasional, pertambangan, perdagangan, perindustrian, penegak hukum, anggota legislatif serta undangan lainnya yang terkait baik langsung maupun tidak langsung dengan seluruh isu yang menjadi pembahasan KKI tahun ini.

Adapun pengkategorian peserta dilakukan oleh steering comitee (SC) KKI ke-VI. Kategori-kategori peserta antara lain adalah peserta utusan kamar, peserta biasa dan peninjau. Panitia KKI VI memperkirakan sedikitnya 700 orang peserta akan menghadiri kongres kali ini.

Informasi Kongres Kehutanan Indonesia ke-VI
Panitia KKI VI – Agus Justianto (DKN/SAN)
Telp. : 021-5730385, 5730307
Fax : 021-5730385

Penanggung jawab berita:
Kepala Biro Hubungan Masyarakat KLHK, Novrizal, HP.0818-432-387
Seksi Humas KKI VI, Zulfikar HP 0812-7102-634

2 thoughts on “Konferensi Pers Bersama : Kongres Kehutanan Indonesia VI tahun 2016

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *